Home » » Apakah perbedaan antara Allah dan Tuhan?
Home » » Apakah perbedaan antara Allah dan Tuhan?

Apakah perbedaan antara Allah dan Tuhan?

Written By Unknown on 30 Nov 2012 | 15:57

Tanya:
Apakah perbedaan antara Allah dan Tuhan? Bisakah bismillah diartikan atau diterjemahkan "Dengan nama Tuhan", dan apa hukumnya bila seseorang mengartikan demikian?
Jawab :

Jelas perbedaan antara Allah dan Tuhan? Dari katanya saja sudah berbeda, kemudian secara substansi juga berbeda. Allah adalah nama zat satu-satunya yang wajib wujud-Nya dalam arti selalu harus wujud. Dialah yang berhak d an wajib disembah. Dan Allah sendiri yang mengenalkan diri-Nya Allah "Qul huwa Allahu ahad". (Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa). Sedangkan Tuhan adalah bahasa Indonesia yang digunakan untuk menyebut segala apa pun yang disembah dan ditaati manusia. Seperti dimaklumi, yang disembah manusia bermacam-macam seperti matahari, bulan, bintang dan berhala. 

Oleh sebab itu tidak tepat kalau menerjemahkan bismillah "Dengan nama Tuhan". Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa Allah adalah nama dan tentunya nama tidak seharusnya diterjemahkan. Mereka yang menerjemahkan Allah dengan Tuhan, jika terbersit niat di hati mereka untuk mrerendahkan atau menyamakan Allah dengan sesembahan lainnya, maka mereka sudah musyrik (menyekutukan Allah), dan wajib bertaubat. Wallahu a'lam bi al-shawab 

(H.M.Rahmatullah,Lc.)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Inspirasi Motivasi Islami - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger